logo web fix copy

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Atambua.Kami Siap Memberikan Pelayanan Yang Prima Bagi Anda.

on . Dilihat: 124

Atambua, 26 Agustus 2020. Hakim, panitera dan seluruh pegawai Pengadilan Agama Atambua mengikuti kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Syariah Secara Virtual dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang Berkeadilan di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Repulik Indonesia bekerjasama dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Acara seminar diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Repulik Indonesia Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H selanjutnya dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Mahkamah Agung Repulik Indonesia dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia.

Dalam pidato pembukaannya Wakil Presiden Republik Indonesia sekaligus ketua DSN MUI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan “Apresiasi kepada Direktorat  Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Repulik Indonesia dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia yang telah menyelenggarakan seminar nasional ekonomi syariah, karena dengan pesatnya perkembangan ekonomi syariah di Indonesia kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ekonomi syariah tersebut karena akan meningkatkan profesionalitas hakim dalam memeriksa perkara ekonomi syariah, dan selanjutnya membuka seminar nasional ekonomi syariah dengan mengucap basmalah”. Dilanjutkan dengan doa yang dilantunkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H.,M.H.

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Yang Mulia Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H.,M.H.  menyampaikan pidato kunci dengan tema “Peranan Mahkamah Agung Dalam Mendukung Kemudahan Berusaha di Bidang Ekonomi Syari’ah”, dalam pidatonya beliau menyampaikan, “ ...Memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia yang telah mengerahkan tenaga, maupun peserta seminar yang bersemangat untuk terus menggali pengetahuan di bidang ekonomi syariah, dan berharap para peserta sekalian dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menyerap ilmu dan pengalaman berharga dari para narasumber...”.

Kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Syariah Secara Virtual dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang Berkeadilan di Indonesia” di moderatori oleh Dr. Chandra Boy Serosa, S.H.,M.H. narasumber pertama Prof. Dr.M. Hatta Ali, S.H.,M.H memaparkan makalah dengan tema “Peranan Lembaga Peradilan dalam Perkembangan Ekonomi Syari’ah di Indonesia”, narasumber kedua Dr. Drs. H Amran Suadi, S.H.,M.Hum.,MM memaparkan makalah yang bertema “Problematika Eksekusi Putusan Ekonomi Syariah”.

Narasumber berikutnya Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H mempresentasikan makalah dengan tema “Kepailitian dalam Perspektif Ekonomi Syariah”, selanjutnya narasumber Prof. dr. H. Jaih Mubarok, SE.,M.H.,M.Ag menyampaikan makalah yang bertema “Dinamika Fatwa sebagai Sumber Hukum Regulasi Ekonomi Syariah dan Penyelesaian Sengketanya”, narasumber terakhir Dr. Setiawan Budi Utomo menyampaikan makalah dengan tema “Grand Design Regulasi Ekonomi Syariah di Indonesia”.

Setelah sesi pemaparan makalah dan diskusi antara peserta seminar nasional ekonomi syariah dengan para narasumber selesai dilaksanakan, kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Syariah Secara Virtual dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang Berkeadilan di Indonesia” di tutup oleh Direktorat  Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Repulik Indonesia Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. dengan mengucap “Hamdalah”.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Atambua

Jl. Sultan Hamengkubuwono IX No. 03 - Atambua

Telp: 0389-2513415

Email : 

- Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

Hak Cipta Konten Pengadilan Agama Atambua © 2018